6 Masalah Manajemen Proyek Yang Harus Dihadapi Project Manager

By Meidiana Apriliani | Published On: 21 January 2022
6 Masalah Manajemen Proyek Yang Harus Dihadapi Project Manager

Project manager mana yang tidak menginginkan sebuah proyek yang tenang tanpa banyak masalah. Sayangnya proyek adalah kegiatan kompleks yang seringkali dihinggapi masalah klasik maupun baru yang bisa datang tiba-tiba.


Tantangannya bukan hanya fungsi penerimaan dan pertumbuhan keanggotaan PM atau PMI, atau pendidikan dan pelatihan. Tantangannya adalah menerima manajemen proyek profesional: meskipun sebuah perusahaan mungkin memiliki organisasi PM, itu tidak berarti bahwa ia mengadopsi PPM. Perusahaan semacam itu ingin ‘insinyur’ mempelajari PM di tempat kerja dan melalui seminar yang jarang dilakukan. Atau, yang lain percaya dalam melakukan yang terbaik yang mereka bisa, berdasarkan praktik yang telah mereka pelajari sendiri selama bertahun-tahun, tetapi tidak harus menggunakan pendekatan yang konsisten. Organisasi-organisasi ini menaiki tangga OPMM tetapi masih berada di ujung bawah.


Tantangan utama pertama yang harus dihadapi manajer proyek adalah menghadapi globalisasi teknologi dan transformasi budaya dan model bisnis yang lebih tradisional saat ini. Ini termasuk tidak perlu lagi menjalankan bisnis atau mengelola proyek dari lokasi pusat. Adaptasi “tim virtual” telah menjadi kebutuhan, dan kelincahan bisnis dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalannya. Apa yang dulunya memakan waktu berbulan-bulan sekarang bisa terjadi dalam semalam, meningkatkan pentingnya kemampuan perusahaan untuk secara cepat dan organik beradaptasi dengan pasang surut budaya teknologi saat ini.


Tantangan utama kedua berkaitan dengan keterlibatan tenaga kerja, atau kemampuan manajer proyek untuk memahami peran dan tanggung jawab yang berbeda, serta menerapkan kelincahan untuk memakai “topi” yang berbeda tergantung pada proyek yang sedang dikerjakan. Ini termasuk memahami penggerak generasi, menerapkan kepemimpinan berprinsip, dan benar-benar memahami bagaimana tim beroperasi.


Terakhir, inovasi dan risiko akan mempengaruhi manajer proyek. Tantangannya adalah mempelajari keseimbangan antara inovasi dan risiko—karena mengelola risiko adalah kunci manajemen proyek—namun, tanpanya, mustahil untuk benar-benar mencapai potensi proyek secara penuh.


Dalam manajemen proyek, ada 3 pilar yang menaunginya, yakni People, Process, dan Tools. Sebagai ujung tombak dari sebuah proyek, project manager tentu harus mengoptimalkan tiga aspek ini pada proyek yang dikelolanya. Namun, memastikan ketika pilar ini agar dapat berjalan dinamis tentu membutuhkan usaha, pikiran, dan waktu yang bisa jadi tidak sedikit. Karenanya, project manager dapat memanfaatkan tools yang memudahkan pekerjaannya. 


Salah satu bentuk tools manajemen proyek yang sudah berkembang mengikuti teknologi saat ini adalah aplikasi manajemen proyek. Tools yang ditawarkan dalam sebuah aplikasi manajemen proyek pun beragam. Mulai dari yang berfungsi untuk melakukan tracking berbagai aktivitas pekerjaan, hingga yang kompleks seperti untuk melihat bagaimana project tersebut apakah sudah seperti tujuan yang diinginkan atau tidak. Semakin tinggi atau banyak masalah yang berpotensi muncul, maka akan semakin banyak tools yang dibutuhkan untuk mengelolanya. 


6 Masalah Utama Manajemen Proyek


Manajemen project adalah sebuah seni, yakni seni mengelola constraints. Di mana, mengerjakan sebuah proyek bukanlah hal mudah nan sederhana. Di baliknya, ada runtutan proses yang rumit dan panjang, belum lagi contraints yang mengelilinginya. Mulai dari sumber daya yang terbatas, sampai sistem yang belum terintegrasi.


Berikut 6 masalah utama yang seringkali kali menghambat kemajuan proyek:

  1. Sumber Daya Yang Terbatas (Limited Resource)
  2. Laporan vs Realisasi Yang Tidak Akurat (Inaccurate Report vs Realization)
  3. Laporan Yang Kompleks (Complex Report)
  4. Sistem Yang Belum Terintegrasi (Unintegrated System)
  5. Menghabiskan Banyak Waktu dan Mahal (Time Consuming and Expensive)
  6. Pengambilan Keputusan Yang Lama (Takes Time for Decision Making)


Fitur Aplikasi Manajemen Proyek Tomps : Solusi Manajemen Proyek

Jika anda membutuhkan aplikasi manajemen proyek dengan kesan profesional yang dibekali dengan berbagai fitur strategis dan penting untuk mengelola sebuah proyek skala kecil, menengah, hingga besar, maka Tomps.id bisa jadi salah satu jawaban terbaiknya. Mengapa?

Tomps hadir dengan membawa berbagai smart project management features yang membantu anda mengelola proyek secara end-to-end. Dari tahap inisiasi sampai dengan closing. Beberapa fitur ini mencakup:

☑️ Project Scheduling, Planner, and Completion

☑️ Project Tracking 

☑️ Project Cost

☑️ Project Appraisal

☑️ Document & Evidence Repository

☑️ Unlimited Cloud

☑️ Role Access Management

☑️ Vendors Performance Report

☑️ Automatic Project Reports

☑️ Gantt Chart & S-Curve

☑️ Geo-Map Tagging & Visualization

☑️ API Integration

☑️ Customization-Friendly


Mengapa Aplikasi Manajemen Proyek Tomps Unggul?


1. Securing Capex

Dengan Tomps, anggaran belanja modal (capital expediture) dapat anda kontrol dengan optimal. Digitalisasi manajemen proyek bersama smart-features dari Tomps memperbesar peluang penyerapan anggaran yang lebih maksimal. 


2. Opportunity Loss and Profit

Beralih menggunakan Tomps sebagai tools manajemen proyek anda membawa dua dampak positif berikut: meminimalisasi peluang loss, dan memaksimalkan efisiensi dan profit. 


3. Customization by Operating Model 

Ingin aplikasi manajemen proyek yang user-friendly dengan jenis proyek sedang anda jalankan? Semua itu dapat dengan mudah dirasakan bersama Tomps!


Tomps memaksimalkan pengalaman menyenangkan dari digitalisasi manajemen proyek dengan fitur kustomisasi pada aplikasi Tomps yang anda gunakan. Nantinya, anda dapat dengan mudah melakukan kustomisasi hingga integrasi sebuah dengan kebutuhan proyek anda. Hal ini tentu dapat memaksimalkan kemudahan dalam melakukan inisiasi, perencanaan, eksekusi, kontrol, hingga pemantauan kemajuan proyek Anda.


Tomps menyediakan pilihan kemudahan pengelolaan data proyek anda baik secara On-Cloud maupun On-Premise. Ucapkan selamat tinggal pada tumpukan dokumen proyek yang berceceran dan ruang penyimpanan online spreadsheet yang terbatas!


#BiarkanTompsMembantuAnda dan rasakan pengalaman kelola proyek yang lebih mudah dan menyenangkan!

Artikel
Manajemen
Proyek

Comments (1)

1000 Karakter Tersisa

Salam Lov

31 March 2023 - 04:36

Artikel yang sangat menarik. Banyak jenis teknologi bermanfaat bagi kehidupan di era digitalisasi. <a href=”https://iptek.co.id/”>Virtual Reality Jakarta</a> adalah satu teknologi yang inovatif dan menarik yang dapat dinikmati oleh semua kalangan, baik di Indonesia maupun mancanegara.

Eksplor lebih banyak

Rekomendasi Untuk Anda

Manajemen Proyek dalam Pendidikan: Mewujudkan Transformasi Pendidikan Melalui Efektivitas dan Inovasi

26 February 2024

Manajemen Proyek dalam Pendidikan: Mewujudkan Transformasi Pendidikan Melalui Efektivitas dan Inovasi

Optimalkan Investasi Properti Anda dengan Jasa Pengelolaan Gedung

23 February 2024

Optimalkan Investasi Properti Anda dengan Jasa Pengelolaan Gedung

 Manajemen Penyimpanan Dokumen: Mengelola Informasi Bisnis dengan Efisien

20 February 2024

Manajemen Penyimpanan Dokumen: Mengelola Informasi Bisnis dengan Efisien

Mengoptimalkan Manajemen Konstruksi: Pengertian, Fungsi, dan Tahapan

7 February 2024

Mengoptimalkan Manajemen Konstruksi: Pengertian, Fungsi, dan Tahapan

Kelola Proyek, Properti, dan Aset Secara Efisien

Tingkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan dengan produk Tomps yang dipercaya oleh pelaku bisnis di berbagai industri di Indonesia.

Mulai Sekarang

Dapatkan Informasi Terbaru Dari Kami

Nama Lengkap
Email

icon-copyright 2024. Tomps.id by Telkom Indonesia | Tomps telah terdaftar pada: icon-copyright

Temukan Kami di

  • icon-fb
  • icon-linked
  • icon-instagram
  • icon-youtube
icon-wa