9 Buku Manajemen Proyek Terbaik Untuk Meningkatkan Karier Anda!

By Meidiana Apriliani | Published On: 6 August 2021
9 Buku Manajemen Proyek Terbaik Untuk Meningkatkan Karier Anda!

Mengelola proyek bagi sebagian orang mungkin bukanlah hal yang mudah. Karena itu, menambah wawasan dan meningkatkan skill manajemen proyek dengan membaca berbagai buku manajemen proyek yang berkualitas bisa menjadi pilihan tepat.


Untuk meningkatkan keluwesan anda dalam mengelola sebuah proyek, memiliki jam terbang yang tinggi adalah salah satu cara pertamanya. Di cara kedua, bisa jadi adalah lewat buku manajemen proyek yang berkualitas. Selain mempelajari kekuatan dan kelemahan manajemen proyek anda lewat pengalaman di masa lalu, mempelajarinya dari pengalaman para manajer proyek profesional dunia lewat buku-buku mereka juga tak salah untuk dicoba. 


Untuk menjadi profesional dalam ranah proyek, anda perlu tahu cara bekerja dengan banyak elemen proyek yang bergerak, cara mengatur tim, hingga cara bagaimana proyek dapat selesai tepat waktu dan sesuai anggaran. Tidak hanya itu, manajemen proyek juga melibatkan sisi psikologi, bisnis, bahkan “permainan taktis”. Untuk itu, Tomps telah merangkum 7 rekomendasi buku manajemen proyek terbaik yang dapat membantu mengelola proyek lebih baik sekaligus meningkatkan karier anda di masa depan. 


Tingkatkan Skill Lewat 7 Buku Manajemen Proyek Terbaik Ini!


1. A Guide to the ® Guide (Sixth Edition)Project Management Body of Knowledge: PMBOK


Berbicara tentang manajemen proyek tentu tidak lengkap tanpa buku satu ini. Ya, A Guide to the Project Management Body of Knowledge: PMBOK® Guide (Sixth Edition) adalah bacaan dasar dan para praktisi proyek ingin mengetahui seluk beluk tentang manajemen proyek. PMBOK bahkan menjadi standar bacaan untuk mereka yang bersiap mengikuti sertifikasi manajemen proyek. Tidak hanya untuk para profesional yang bersiap untuk sertifikasi, PMBOK juga dibuat untuk seluruh orang yang terlibat dalam praktik manajemen proyek. Apakah itu siswa akademis, pendidik, dan para pekerja profesional yang ingin mendapatkan wawasan lebih dalam tentang cara terbaik mengelola sebuah proyek.


Dalam edisi keenam ini, PMBOK juga membahas pendekatannya dalam lingkungan Agile dalam bab “Approaches for Agile, Iterative and Adaptive”. Buku setebal 756 halaman ini juga dilengkapi selusin visualisasi diagram, grafik, dan gambar ilustrasi lainnya untuk mempermudah pemahaman anda.


2. Project Management Absolute Beginner’s Guide


Rekomendasi buku manajemen proyek selanjutnya adalah Project Management Absolute Beginner’s Guide. Sang penulis sendiri, Gregory Horine, adalah seorang IT project management professional yang sudah berpengalaman lebih dari dua dekade. Untuk sebuah buku manajemen proyek, Horine berhasil membuat buku ini menjadi sebuah bacaan yang padat, terperinci, terstruktur dengan baik, namun tetap mudah dipahami dengan berbagai contoh yang ia tuliskan.

Gaya pembahasan buku ini membuat bidang manajemen proyek yang kompleks ini dapat dipahami oleh orang awam sekali pun. Meski begitu, buku ini juga tetap bisa menawarkan wawasan yang cukup untuk para manajer proyek profesional. Horine juga membahas berbagai kesalahpahaman dalam manajemen proyek dan faktor-faktor apa saja yang dapat berdampak pada kesuksesan sebuah proyek. Penjabaran Horine dalam buku ini juga dapat diterapkan di berbagai organisasi atau proyek, sehingga menjadikannya sebagai buku manual manajemen proyek yang baik untuk semua kalangan.


3. The Fast Forward MBA in Project Management


Melansir dari Oreilly, The Fast Forward MBA in Project Management karya Eric Verzuh adalah salah satu buku manajemen proyek terlaris yang pernah diterbitkan. Eric Verzuh sendiri adalah presiden perusahaan pelatihan dan konsultasi manajemen proyek, Versatile Company di Seattle, Amerika Serikat. Ia dan timnya telah menghabiskan lebih dari dua puluh tahun untuk meningkatkan kualitas proyek untuk berbagai jenis organisasi, termasuk perusahaan raksasa seperti Adobe Systems, Inc., The Boeing Company, GE Capital, Lockheed Martin Corporation, hingga Nordstrom.

The Fast Forward MBA in Project Management adalah panduan komprehensif untuk mengetahui metode, alat, dan teknik manajemen proyek yang relevan dunia nyata. Buku ini dikemas praktis, mudah dipahami, namun padat informasi yang bisa memberikan jawaban atas kebingungan anda saat dihadapkan dengan proyek. Pembahasan dalam buku ini mencakup semua dasar-dasar dalam mendefinisikan, merencanakan, memantau perkembangan proyek, serta membangun tim proyek yang lebih kuat. Edisi baru dari buku ini bahkan sudahi mencakup bab baru tentang manajemen proyek Agile, tips persiapan ujian Project Management Professional (PMP), dan banyak lagi.


4. Guide to Project Management: Getting it right and achieving lasting benefit


Buku manajemen proyek selanjutnya ditulis oleh seorang manajer proyek berpengalaman yang berhasil mengelola proyek besar seperti Pfizer dan British Airways, Paul Roberts. Dalam buku berjudul Guide to Project Management: Getting it right and achieving lasting benefit ini, Roberts menekankan penjabaran manajemen proyek dari sisi yang berbeda.


Terdiri dari 12 bab dan 368 halaman, buku ini menekankan pentingnya mendapatkan prioritas dan komitmen seluruh anggota organisasi, termasuk para pemangku kepentingan, untuk mensukseskan sebuah proyek. Roberts juga menjabarkan empat langkah penting untuk manajemen proyek yang sukses, yakni inisiasi, perencanaan, pendelegasian, dan penutupan.


5. Brilliant Project Management: What the best project managers know, do, and say


Ditulis oleh Stephen Barker dan Rob Cole, buku satu ini cukup menggambarkan pengalaman keduanya yang selama 35 tahun aktif di dunia manajemen proyek. Buku setebal 200 halaman ini terbagi dalam sepuluh bab. Dimulai dari pengantar, kemudian diskusi tentang perencanaan proyek, manajemen risiko, manajemen sumber daya, kepemimpinan, hingga keterampilan fasilitasi. Buku ini juga membahas tentang cara terbaik untuk belajar dari kesalahan selama mengelola proyek dan mengetahui sumber daya tambahan yang dapat dimanfaatkan oleh para pekerja proyek.

Lebih menyenangkannya lagi, buku ini dikemas dalam bahasa percakapan yang sederhana. Di dalam pembahasannya, terdapat suntikan humor ilustrasi jenaka untuk menekankan poin yang dibuatnya. Setiap bab pun dimulai dengan kutipan terkenal. Paragrafnya dibagi berdasarkan heading dan subheading. Buku ini juga meringkas setiap pembahasan penting dalam bentuk poin per poin sehingga mudah diingat dan dipahami. Termasuk soal bagaimana agar proyek berjalan sesuai jadwal dan anggaran, aspek yang mendorong keberhasilan, dan bagaimana mencapai tujuan utama yang telah disepakati.


6. Project Management Lite: Just Enough to Get the Job Done…Nothing More


Buku setebal 138 halaman ini direkomendasikan untuk para pemula di bidang manajemen proyek, para manajer proyek baru, atau mereka yang baru mengelola proyek namun tidak tahu bagaimana harus memulainya. Kekhawatiran tentang buku manajemen proyek dengan bahasa yang berat dan sulit dipahami akan sirna dalam buku satu ini.


Buku karya Juana Clark Craig ini adalah sebuah panduan langkah demi langkah yang dikemas dalam terminologi sederhana. Project Management Lite: Just Enough to Get the Job Done…Nothing More juga memiliki lembar kerja dan daftar catatan untuk memudahkan pengelolaan proyek yang dapat anda ikuti. Craig memanfaatkan lebih dari dua puluh lima tahun pengalaman manajemen proyek yang diperolehnya saat bekerja di Fortune 500 untuk memberikan pendekatan minimalis dan tak berbelit dalam mengelola proyek lewat buku ini.


7. Making Things Happen: Mastering Project Management


Melansir Amazon, Making Things Happen: Mastering Project Management adalah salah satu buku manajemen proyek yang kritis dan terlaris di kelasnya. Ditulis oleh veteran proyek Microsoft, Scott Berkun, buku ini menawarkan kumpulan esai tentang filosofi dan strategi yang telah teruji di lapangan untuk mendefinisikan, memimpin, dan mengelola proyek. Setiap esai dalam buku ini menyaring konsep dan tantangan kompleks dalam ranah manajemen proyek menjadi potongan saran yang membuka wawasan kita.


Uniknya, Making Things Happen tidak mengutip penjabaran metode, tetapi berfokus pada filosofi dan strategi subjektif yang merupakan pengalamannya mengelola proyek selama puluhan tahun. Berbeda dengan buku manajemen proyek lainnya, Berkun menuliskan esai pribadinya dalam gaya tulis yang nyaman dan hangat. Membaca buku ini akan mengingatkan anda pada seorang manajer proyek bijaksana yang sedang memberikan nasihat yang baik, menghibur, dan penuh semangat kepada mereka yang bertanya mengenai dunia manajemen proyek.


Itu dia 7 rekomendasi buku manajemen proyek yang dapat menambah wawasan dan meningkatkan keahlian anda dalam mengelola proyek. Dari 7 judul di atas, buku mana yang paling menarik perhatian anda?


Perbaharui selalu informasi terkini tentang manajemen proyek di sini bersama Tomps.id, your project management solution!

Artikel
Edukasi

Comments (0)

1000 Karakter Tersisa

Eksplor lebih banyak

Rekomendasi Untuk Anda

Kendaraan Termasuk Aset Apa?

19 June 2024

Kendaraan Termasuk Aset Apa?

Aset Perusahaan: Definisi, Contoh, dan Cara Mengoptimalkannya

12 June 2024

Aset Perusahaan: Definisi, Contoh, dan Cara Mengoptimalkannya

Perpustakaan Digital: Kelebihan dan Kekurangannya

10 June 2024

Perpustakaan Digital: Kelebihan dan Kekurangannya

Penyimpanan Data Digital: Fungsi, Cara Kerja, dan Tipenya

7 June 2024

Penyimpanan Data Digital: Fungsi, Cara Kerja, dan Tipenya

Kelola Proyek, Properti, dan Aset Secara Efisien

Tingkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan dengan produk Tomps yang dipercaya oleh pelaku bisnis di berbagai industri di Indonesia.

Mulai Sekarang

Dapatkan Informasi Terbaru Dari Kami

Nama Lengkap
Email

icon-copyright 2024. Tomps.id by Telkom Indonesia | Tomps telah terdaftar pada: icon-copyright

Temukan Kami di

  • icon-fb
  • icon-linked
  • icon-instagram
  • icon-youtube
icon-wa