Pengelolaan Gedung: Definisi, Servis dan Kelebihannya

By Admin Tomps | Published On: 1 April 2024
Pengelolaan Gedung: Definisi, Servis dan Kelebihannya

Bagi pemilik atau operator berbagai macam jenis gedung, misalnya untuk industri, logistik, atau gedung lainnya, penting untuk mengelola gedung agar gedung tahan lama dan aman. Saat ini sudah ada sistem pengelolaan gedung yang modern agar pengelolaannya lebih andal dan efisien.

Jika sistem pengelolaan gedung digunakan secara tepat dan teratur, maka akan sangat efektif dalam memantau dan mengelola gedung secara teknis. Sebenarnya apa itu pengelola gedung dan apa saja servisnya? Cari tahu juga kelebihan menggunakan sistem pengelolaan gedung di bawah ini.

Definisi Pengelolaan Gedung

Pengelolaan gedung merupakan perawatan gedung yang terkait perawatan fisik maupun struktural. Contohnya adalah pengelolaan sistem alarm kebakaran, elevator, dan sebagainya. Selain itu, pembersihan gedung, penataan taman, dan sistem keamanan juga termasuk di dalamnya. Setiap gedung perkantoran atau gedung lainnya biasanya memiliki manajer gedung untuk supervisi pengelolaannya. Pengelolaan gedung bukan hal baru, tetapi sistem atau software pengelolaannya tentu baru ada setelah teknologi berkembang. sistem pengelolaan gedung merupakan sistem perintah terkontrol berbasis komputer yang dirancang untuk memantau dan secara otomatis dapat mengontrol instalasi teknis gedung untuk memastikan kondisi gedung sesuai dengan kepatuhan.

Sistem pengelolaan gedung terdiri dari komponen perangkat keras dan perangkat lunak. Kedua komponen tersebut saling bekerja sama untuk mengkoordinasikan penggunaan alat-alat di gedung, misalnya AC, ventilasi, penerangan, dan sistem keamanan.

Sistem pengelolaan gedung modern yang sangat mendasar biasanya terdiri dari server dengan database dan sensor pintar yang terhubung dengan jaringan internet. Sensor pintar akan bekerja mengumpulkan data di gedung dan mengirimkannya ke sistem, lalu tersimpan di database. Jika sensor melaporkan data di luar kondisi yang seharusnya, maka sistem akan memicu alarm.

Servis Pengelolaan Gedung

Servis yang tersedia dalam pengelolaan gedung bentuknya beragam, tergantung dari sumber daya yang tersedia. Berikut ini adalah beberapa servis pengelolaan gedung yang sering digunakan:

  • Jasa Manajemen Gedung
  • Jasa Perawatan Gedung
  • Jasa Housekeeping
  • Jasa Cleaning Service
  • Jasa Pembersihan Gedung.

Kelebihan Sistem Pengelolaan Gedung

Kenapa harus menggunakan sistem pengelolaan gedung yang modern dan tidak menggunakan cara manual? Tentu saja ada berbagai kelebihan yang tidak bisa dihadirkan oleh sistem tradisional. Berikut ini beberapa kelebihan sistem pengelolaan gedung modern:

  1. Meningkatkan Efisiensi Energi Apa hubungannya energi dengan pengelolaan gedung? Tentu saja sangat berhubungan. Dengan sistem pengelolaan gedung, maka berbagai peralatan di dalam gedung bisa diintegrasikan di dalam satu sistem yang mudah dipantau.

Jika ada alat elektronik yang rusak, maka kalau tidak segera ditangani justru bisa menyebabkan pemborosan listrik. Tapi berkat sistem pengelolaan gedung yang berjalan dengan baik, maka hal-hal seperti ini bisa dihindari. Penanganan masalah bisa berjalan lebih cepat, sehingga tidak perlu memboroskan energi.

  1. Pemeliharaan Lebih Baik
    Sistem pengelolaan gedung memungkinkan pengelola gedung untuk memantau secara real-time kondisi gedung setiap saat. Jika ada hal yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka pengelola akan menemukannya lebih cepat. Pemeliharaan gedung pun bisa berjalan lebih baik dibandingkan tidak menggunakan sistem ini sama sekali.

  2. Meningkatkan Kenyamanan dan Keamanan Gedung yang tidak dirawat tentu tidak akan nyaman untuk ditinggali atau dijadikan tempat bekerja. Misalnya, lampunya sudah mati di sana-sini. Sistem pendingin juga sudah tidak bekerja, mungkin juga airnya macet.

Beda dengan gedung yang dikelola dengan baik dengan sistem pengelolaan gedung terbaik. Jika ada yang tidak berjalan semestinya atau ada sesuatu yang rusak, maka bisa ditangani dengan cepat, sehingga kenyamanan dan keamanan pun dapat ditingkatkan.

  1. Meningkatkan Produktivitas Sistem pengelolaan gedung dapat meningkatkan produktivitas dilihat dari berbagai sisi. Pertama-tama, sistem pengelolaan gedung yang baik akan menghemat waktu staf pemeliharaan. Ini karena alarm dikirimkan tepat waktu, sehingga jika ada kerusakan bisa diselesaikan sesegera mungkin. Kalau kerusakan sudah parah, akan butuh waktu lama untuk memperbaikinya.

Saat staf pemeliharaan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, mereka bisa mengerjakan tugas lainnya lagi. Mereka juga bisa lebih fokus pada tugas lain yang membutuhkan keterampilan tinggi. Dengan begitu, staf pemeliharaan pun memiliki kemampuan yang lebih baik terkait bidangnya. Gedung yang dikelola dengan baik juga akan meningkatkan produktivitas orang yang bekerja atau tinggal di gedung tersebut.

  1. Keberlangsungan Lingkungan Hidup Penerapan sistem pengelolaan gedung yang modern memungkinkan pemilik gedung untuk mengurangi dampak buruk dari gedung terhadap lingkungan hidup. Contoh yang paling mudah adalah penggunaan AC di dalam sebuah gedung perkantoran. Dengan ruangan yang begitu banyak dan pekerja yang datang setiap hari, dibutuhkan sistem pendingin yang bekerja dengan baik agar bisa bekerja dengan nyaman.

Jika AC tidak dikelola, maka mungkin ada sistemnya yang sudah tidak bisa bekerja sesuai dengan fungsinya. Karena itu, AC yang sudah rusak dan dibiarkan dalam waktu lama dapat merusak lapisan ozon di atmosfer. Seperti yang kita tahu, lapisan ozon sangat penting dalam melindungi bumi dari radiasi sinar UV yang sangat berbahaya. Nah, jika gedung tersebut menggunakan sistem pengelolaan gedung modern, maka sistem akan mengenali jika pendingin sudah tidak bekerja seperti seharusnya. Sistem pun akan memicu alarm untuk meningkatkan kondisi tersebut. Manajer gedung pun akan mengambil tindakan, seperti memanggil teknisi untuk memperbaiki sistem pendingin tepat waktu, sebelum menjadi semakin parah.

  1. Return on Investment Pada awalnya, biaya yang dibutuhkan untuk berinvestasi pada sistem pengelolaan gedung mungkin cukup besar, tapi manfaatnya bisa kita dapatkan untuk jangka waktu panjang. Bahkan manfaatnya lebih besar dibandingkan biaya yang dikeluarkan di awal. Misalnya dengan meningkatkan efisiensi energi, maka bisa mengurangi biaya pemeliharaan dan meningkatkan produktivitas.

Sistem pengelolaan gedung juga dapat memberikan laba atas investasi yang jumlahnya signifikan dari waktu ke waktu. Penerapan sistem pengelolaan gedung juga sangat membantu pemilik dan pengelola gedung untuk memenuhi persyaratan kepatuhan gedung, menghindari perusahaan terkena denda yang cukup mahal, dan meningkatkan peran gedung dalam mengurangi dampak buruk bagi lingkungan.

Pilih Sistem Pengelolaan Gedung yang Terpercaya!

Building management sangat penting agar kondisi gedung tetap terjaga dan dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Karena itu diperlukan sistem pengelolaan gedung yang dapat diandalkan seperti Tomps. Sebagai layanan sistem manajemen proyek, aset, dan bangunan, Tomps menghadirkan layanan yang mudah dipantau karena tampilannya yang modern dan ramah pengguna.

Menggunakan Toms sebagai jasa pengelolaan gedung dapat membantu kredibilitas perusahaan. Performa Tomps terpercaya karena telah melayani organisasi pemerintah maupun swasta seperti Kemenkes, Kemenparekraf, Kemkominfo, Pertamina International Shipping, dan masih banyak lagi. Langsung saja kunjungi situs webnya untuk mengetahui semua layanan Tomps!

Artikel
Operasional Bangunan
Aplikasi Digital

Comments (0)

1000 Karakter Tersisa

Rekomendasi Untuk Anda

Manfaat Preventive Maintenance: Investasi Jangka Panjang untuk Keberhasilan Anda

22 May 2024

Manfaat Preventive Maintenance: Investasi Jangka Panjang untuk Keberhasilan Anda

Preventive Maintenance: Apa Itu dan Mengapa Penting?

20 May 2024

Preventive Maintenance: Apa Itu dan Mengapa Penting?

Pentingnya Manajemen Arsip dalam Era Digital

8 May 2024

Pentingnya Manajemen Arsip dalam Era Digital

Memahami Leadership: Peran penting Leadership dalam Kesuksesan Organisasi

7 May 2024

Memahami Leadership: Peran penting Leadership dalam Kesuksesan Organisasi

Kelola Proyek, Properti, dan Aset Secara Efisien

Tingkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan dengan produk Tomps yang dipercaya oleh pelaku bisnis di berbagai industri di Indonesia.

Mulai Sekarang

Dapatkan Informasi Terbaru Dari Kami

Nama Lengkap
Email

icon-copyright 2024. Tomps.id by Telkom Indonesia | Tomps telah terdaftar pada: icon-copyright

Temukan Kami di

  • icon-fb
  • icon-linked
  • icon-instagram
  • icon-youtube
icon-wa