Peranan Penting Facility Management bagi Bangunan Anda

By Shalimar Mediana | Published On: 8 March 2023
Peranan Penting Facility Management bagi Bangunan Anda

Sebuah bangunan yang berfungsi sebagai pusat kegiatan sehari-hari seperti gedung perkantoran, hotel, apartemen, pusat belanja, rumah, dsb harus memiliki pengelolaan yang baik agar dapat berfungsi secara berkelanjutan. Apabila bangunan-bangunan yang banyak mencakup aktivitas masyarakat tersebut tidak memiliki pemeliharaan yang baik, maka dapat membahayakan. Untuk dapat melakukan pemeliharaan yang baik, pengelola bangunan perlu memperhatikan fasilitas-fasilitas yang menunjang fungsi bangunan tersebut dengan menggunakan Facility Management.


Selain itu, kerusakan bangunan dapat terjadi karena desain yang dibuat sudah cukup baik namun bermasalah dan terdapat penyimpangan saat pelaksanaan pembangunan. Hal lain yang dapat berpotensi menyebabkan kerusakan bangunan adalah terdapat genangan air di bagian atas bangunan yang merembes ke dinding bangunan karena tidak terdapatnya saluran pembuangan air dari atas bangunan. Contoh-contoh penyebab kerusakan bangunan tersebut dapat menjadi masalah bagi desain struktur bangunan.


Dengan beragam potensi kerusakan ataupun masalah bangunan, tentunya akan dapat membahayakan bagi para penghuni bangunan. Oleh karena itu, pengelolaan fasilitas bangunan menjadi faktor yang sangat penting untuk memastikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan seluruh orang yang menjalankan aktivitas di dalam bangunan.

 

Facility Management

Urgensi terkait pengelolaan fasilitas tersebut dapat didukung dengan Manajemen Fasilitas atau Facility Management. Dilansir dari isoindonesiacenter.com pengertian dari Facility Management adalah upaya untuk menangani fasilitas secara tepat, menyeluruh, dan terpadu dengan tujuan mempertahankan dan memelihara fasilitas bangunan dengan tepat. Definisi dari Facility Management yang lainnya juga disampaikan oleh icicert.com yaitu Facility Management adalah alat atau layanan yang mendukung fungsi organisasi yang mengintegrasikan sumber daya manusia (SDM), tempat, dan proses dalam lingkungan yang dibangun dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup orang dan produktivitas inti bisnis. Dengan dua pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Facility Management merupakan upaya untuk memberikan layanan yang dapat mempertahankan dan memelihara fasilitas dengan mengintegrasikan sumber daya manusia, tempat, dan proses dalam lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup. 

 

Fungsi Facility Management

Fungsi dari Facility Management adalah sebagai berikut:

1. Memelihara dan mengoptimalkan fasilitas

Fungsi yang pertama yaitu memelihara dan mengoptimalkan fasilitas perlu dilakukan untuk dapat memastikan seluruh fasilitas berada dalam kondisi yang optimal di setiap waktu. Hal-hal yang tercakup dalam fungsi ini antara lain pembersihan hingga dekorasi ruang kerja yang teratur agar para staf, karyawan, penghuni, pelanggan, dan lainnya bisa merasa nyaman. Selain itu, fungsi ini juga bertugas untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan di seluruh fasilitas bangunan.

2. Meningkatkan efisiensi fungsi fasilitas

Fungsi yang kedua yaitu meningkatkan efisiensi fungsi fasilitas bangunan yang memungkinkan pengelola bangunan untuk melakukan prediksi mengenai aktivitas semua orang di dalam bangunan. Dengan fungsi ini, ketertiban para penghuni dapat terjaga dan mereka juga cukup teredukasi untuk menangani situasi tertentu seperti gempa bumi, bencana alam, dan lain sebagainya.

3. Menciptakan kenyamanan pengguna bangunan

Fungsi yang ketiga yaitu menciptakan lingkungan bangunan yang nyaman bagi setiap penghuninya. Lingkungan bangunan yang baik akan menciptakan rasa nyaman dan menunjang aktivitas sehari-hari para penghuninya. Namun sebaliknya, lingkungan bangunan yang buruk akan membuat frustasi dan menghambat aktivitas.

4. Mengelola proyek

Fungsi yang keempat yaitu pengelolaan proyek seperti mengawasi anggaran dan memastikan progres dari proyek tersebut dapat berjalan sesuai dengan timeline yang telah ditentukan. Pengelolaan proyek ini tidak hanya dalam proyek jangka pendek namun juga proyek jangka panjang.

5. Mengintegrasikan teknologi

Fungsi yang kelima yaitu integrasi teknologi. Dengan adanya perkembangan teknologi, berbagai macam pengembangan fasilitas yang baru harus turut mengimplementasikan teknologi ke dalam infrastruktur yang sudah ada. Salah satu contohnya adalah integrasi Internet of Things (IoT) ke dalam fasilitas sehari-hari bangunan.

 

Unsur Facility Management

Telah disebutkan bahwa Facility Management mengintegrasikan sumber daya manusia (SDM), tempat, dan proses dalam lingkungan. Ketiga hal tersebut merupakan salah satu unsur dari manajemen fasilitas. Unsur-unsur lainnya adalah sebagai berikut:

1. Fungsi organisasi

Manajemen fasilitas merupakan fungsi, tugas, atau serangkaian kegiatan yang dilakukan agar organisasi dapat mencapai tujuannya.

2. Integrasi SDM, Tempat, dan Proses

SDM, tempat, dan proses menjadi inti fungsi dalam manajemen fasilitas di sebuah organisasi. Apabila ketiganya dapat berintegrasi, maka pelaksanaan dari manajemen fasilitas dapat terlaksana dengan optimal.

3. Lingkungan

Manajemen fasilitas hanya berlaku dalam sebuah lingkungan buatan seperti bangunan, instalasi mekanik dan listrik, lingkungan kerja eksternal, infrastruktur, dan lingkungan kerja lainnya dalam suatu area.

 

Tujuan Facility Management

Selain terdapat fungsi dan unsur, Facility Management juga memiliki tujuan yang harus dipenuhi. Tujuannya antara lain:

1. Meningkatkan kualitas hidup

Tujuan peningkatan kualitas hidup yang tersebut memiliki arti sebagai peningkatan berkelanjutan untuk memenuhi persyaratan kesehatan dan keselamatan orang yang bekerja dan/atau tinggal di lingkungan yang dibangun.

2. Meningkatkan produktivitas bisnis inti

Tujuan peningkatan produktivitas bisnis inti ini memiliki definisi sebagai rasio keluaran terhadap masukan, untuk bisnis inti.

 

Ruang Lingkup Facility Management

Berdasarkan fungsinya, perlu diketahui juga ruang lingkup Facility Management yang mendukung berjalannya fungsi-fungsi tersebut. Ruang lingkup tersebut yaitu:

  1. Manajemen sewa, termasuk administrasi sewa dan akuntansi
  2. Perencanaan dan manajemen proyek modal
  3. Pemeliharaan dan operasi
  4. Manajemen energi
  5. Hunian dan manajemen ruang 
  6. Karyawan dan pengalaman penyewa
  7. Manajemen darurat dan keberlangsungan bisnis
  8. Manajemen real estate

 

Area Dasar Facility Management

Ruang lingkup dari manajemen fasilitas dikelompokan lagi menjadi dua area dasar manajemen fasilitas yaitu manajemen fasilitas keras (Hard FM) dan manajemen fasilitas lunak (Soft FM). Penjelasan mengenai keduanya adalah sebagai berikut:

1. Manajemen Fasilitas Keras (Hard FM)

Hard Facility Management berurusan dengan aset fisik seperti pipa ledeng, kabel, elevator, serta pemanas dan pendingin.

2. Manajemen Fasilitas Lunak (Soft FM)

Soft Facility Management berfokus pada tugas-tugas yang dilakukan oleh orang-orang seperti layanan kustodian, akuntansi sewa, catering, keamanan, dan pemeliharaan lahan.

 

Integrasi Facility Management dengan Teknologi Digital

Perkembangan teknologi digital tentunya dapat dimanfaatkan dalam Facility Management. Hal tersebut dapat memberikan berbagai macam kemudahan ragam informasi mengenai bangunan yang selalu up to date, kemudahan dalam menyampaikan keluhan, memberikan kemudahan informasi layanan kesehatan, dan lain sebagainya. Contoh bentuk integrasi teknologi digital tersebut adalah aplikasi layanan masyarakat yang diluncurkan oleh Pemerintah Ibukota DKI Jakarta. Melalui aplikasi tersebut, seluruh masyarakat DKI Jakarta dapat memiliki akses informasi mengenai berbagai macam fasilitas kota. Seperti fasilitas olahraga, fasilitas ruang terbuka hijau, dan fasilitas kesehatan. Seluruh masyarakat juga dapat menyampaikan keluhan-keluhan mengenai fasilitas tersebut. Tidak hanya itu apabila terjadi keadaan darurat, masyarakat juga dapat memanggil ambulans dan mobil pemadam kebakaran. Contoh kawasan lainnya yang melakukan integrasi teknologi digital dengan facility management dalam pengelolaan kawasannya adalah BSD City. Masyarakat BSD City juga dapat mengakses ragam informasi mengenai wilayahnya, menyampaikan keluhan, dan melakukan transaksi baik online maupun offline secara terintegrasi. Seluruh aktivitas facility management di DKI Jakarta dan BSD City adalah contoh integrasi teknologi digital yang juga dapat dimanfaatkan dan dikembangkan di wilayah-wilayah lainnya.

 

Pentingnya Peran Facility Management

Facility Management memiliki peranan penting dalam pengelolaan bangunan agar tercipta bangunan yang aman, ramah, dan efisien. Orang-orang yang bekerja dan/atau tinggal di bangunan dalam lingkungan tersebut juga dapat merasa terlibat dalam lingkungan mereka. Manajemen fasilitas memiliki peranan dalam semua hal yang mengelilingi orang-orang di dalamnya sehingga mereka dapat merasa nyaman, produktif, dan berkeinginan untuk tetap tinggal secara berkelanjutan.

Dengan Facility Management yang baik, akan tercipta sistem pengelolaan yang dapat mengintegrasikan orang, tempat, dan proses yang terlibat dalam lingkungan bangunan. Hasilnya yaitu tujuan-tujuan manajemen fasilitas seperti pengelolaan fasilitas, perlindungan langsung terhadap fasilitas melalui kualitas dan layanan pemeliharaan yang baik, memastikan fasilitas atau properti berada dalam kondisi baik, menghindari kegagalan fasilitas yang menyebabkan kerusakan properti dan kerugian jiwa, serta mengurangi downtime fasilitas dapat tercapai secara keseluruhan. Sekian artikel mengenai Peranan Penting Facility Management bagi Bangunan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat baik bagi pengelolaan bangunan Anda. Telusuri lebih banyak artikel menarik lainnya dari Tomps, One Solution to Unlock More Values!

Artikel
Operasional Bangunan

Comments (0)

1000 Karakter Tersisa

Eksplor lebih banyak

Rekomendasi Untuk Anda

Kendaraan Termasuk Aset Apa?

19 June 2024

Kendaraan Termasuk Aset Apa?

Aset Perusahaan: Definisi, Contoh, dan Cara Mengoptimalkannya

12 June 2024

Aset Perusahaan: Definisi, Contoh, dan Cara Mengoptimalkannya

Perpustakaan Digital: Kelebihan dan Kekurangannya

10 June 2024

Perpustakaan Digital: Kelebihan dan Kekurangannya

Penyimpanan Data Digital: Fungsi, Cara Kerja, dan Tipenya

7 June 2024

Penyimpanan Data Digital: Fungsi, Cara Kerja, dan Tipenya

Kelola Proyek, Properti, dan Aset Secara Efisien

Tingkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan dengan produk Tomps yang dipercaya oleh pelaku bisnis di berbagai industri di Indonesia.

Mulai Sekarang

Dapatkan Informasi Terbaru Dari Kami

Nama Lengkap
Email

icon-copyright 2024. Tomps.id by Telkom Indonesia | Tomps telah terdaftar pada: icon-copyright

Temukan Kami di

  • icon-fb
  • icon-linked
  • icon-instagram
  • icon-youtube
icon-wa