Mengenal Perusahaan Building Management di Indonesia

By Yuni Ayuningsih | Published On: 26 March 2023
Mengenal Perusahaan Building Management di Indonesia


Untuk mendukung pembangunan perekonomian maka pembangunan industri akan terus ditingkatkan oleh pemerintah. Upaya ini tentu akan menjadi perhatian bagi perusahaan building management untuk mendukung hal tersebut. Akan lebih baik jika perusahaan building management juga meningkatkan performa kinerja mereka agar menjadi sasaran bangunan perkantoran yang akan dibangun. Artikel ini akan membahas beberapa perusahaan building management di Indonesia yang akan membantu Anda dalam memilih pemeliharaan bangunan yang baik.


Apa itu Building Management?

Dilansir dari Wikipedia, building management merupakan subkategori dari manajemen fasilitas yang mengacu pada operasi, pemeliharaan, dan perbaikan properti. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga bangunan dalam kondisi yang baik.


Kegiatan manajemen bangunan ini yaitu untuk mempertahankan dan memelihara agar fasilitas dan infrastruktur dapat dimanfaatkan fungsinya dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, kegiatannya juga tidak terlepas dari sewa, pendapatan sewa, hubungan pemilik dengan penyewa, keluhan pemeliharaan, pengaturan peraturan dan kebijakan bangunan, dan manajemen bangunan secara keseluruhan.


Tujuan Perusahaan Building Management

Tujuan adanya perusahaan building management adalah untuk memastikan bahwa bangunan dan peralatan di dalamnya dalam kondisi baik dan dapat menarik investor untuk berbisnis di properti yang mereka kelola dengan memberikan pelayanan yang baik dengan tujuan maksimum pada tingkat hunian.


Building management bertujuan untuk menjaga agar gedung dan layanan tetap dapat digunakan sepenuhnya dengan cara yang efisien dan ekonomis. Ini mencakup banyak kemampuan yang dipengaruhi oleh hunian yang diharapkan dan tingkat kinerja bangunan. Merencanakan pekerjaan untuk melestarikan bangunan membutuhkan profesionalisme tingkat tinggi. Umpan balik pemeliharaan juga harus menjadi proses berkelanjutan untuk meningkatkan fase desain dan konstruksi.

Tujuan lainnya yaitu:

  1. Menjaga mesin, bangunan dan layanan, dalam kondisi operasi yang baik.
  2. Untuk mengembalikannya kembali ke standar aslinya, dan
  3. Untuk meningkatkan fasilitas sesuai dengan perkembangan yang terjadi di bidang teknik bangunan. Semua bangunan memburuk sejak selesai. Tingkat kerusakan tergantung pada sejumlah faktor. Tidak semua faktor dapat dikendalikan oleh penghuni gedung.

 

Fungsi Perusahaan Building Management

Perusahaan Building Management memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya:

  1. Pengelolaan Fasilitas: Menjaga agar fasilitas bangunan seperti elevators, air conditioning, dan sistem penerangan berfungsi dengan baik dan terawat dengan baik.
  2. Keamanan: Mengatur keamanan bangunan dengan melakukan pemeriksaan rutin, memantau akses masuk dan keluar, dan memastikan bahwa prosedur keamanan yang benar dilakukan.
  3. Pemeliharaan: Melakukan pemeliharaan rutin untuk memastikan bahwa bangunan tetap dalam kondisi yang baik dan memastikan bahwa masalah yang muncul segera dikoreksi.
  4. Layanan Tamu: Menangani pertanyaan dan keluhan tamu dan memastikan bahwa mereka memiliki pengalaman yang baik saat mengunjungi bangunan.
  5. Pencatatan dan Laporan: Mencatat dan melaporkan informasi penting seperti penggunaan energi, penggunaan air, dan jumlah tamu.
  6. Pengaturan Ruang: Menjaga agar penggunaan ruang bangunan dilakukan sesuai dengan rencana dan memastikan bahwa ruang-ruang tersebut tersedia ketika dibutuhkan.
  7. Pemeliharaan Lingkungan: Melakukan pemeliharaan lingkungan untuk memastikan bahwa bangunan tetap bersih dan hijau, dan memastikan bahwa polusi dan masalah lingkungan lainnya dikendalikan dengan baik.

 

Contoh Penerapan Building Management

Beberapa praktik terbaik dalam building management dalam pemeliharaan gedung, diantaranya:

  1. Memetakan asset

Identifikasi aset dan pemetaan yang benar memudahkan pekerjaan tim. Hal ini memudahkan untuk melihat di mana perintah kerja berikutnya berada atau di mana crash dilaporkan.

  1. Pertimbangkan seluruh siklus hidup peralatan

Untuk memastikan ketersediaan dan keandalan semua peralatan, penting untuk mempertimbangkan semua fase siklus hidup aset (desain, akuisisi, penggunaan dan pemeliharaan, serta pembuangan). Selama fase desain, sangat penting untuk memahami kebutuhan pengguna, kriteria desain, kualitas, dan biaya perawatan yang akan mereka miliki sepanjang siklus hidup.

  1. Menciptakan skala ekonomi

Praktik baik lainnya dalam manajemen properti adalah mencoba menyediakan peralatan yang kompatibel dengan peralatan yang ada, sehingga lebih mudah digunakan dan dirawat. Ini tidak hanya mengurangi jumlah suku cadang yang tersedia, tetapi juga memungkinkan pelatihan teknisi yang disederhanakan.

  1. Adaptasi ke IoT

Jika tujuan pemeliharaan properti adalah untuk menjaga agar bangunan tetap dalam kondisi baik dan terus memenuhi tujuannya, jangan berhenti. Memasang perangkat IoT yang terhubung dan memutakhirkan bangunan jelas merupakan salah satu praktik terbaik dalam manajemen properti.

  1. Berkomunikasi dengan jelas dan transparan

Komunikasi yang jelas dan transparan dengan pengguna ruangan diperlukan untuk memahami tujuan mereka (misalnya “pencahayaan di semua ruangan”) dan kebutuhan subjektif (misalnya “meningkatkan kecerahan koridor”).

  1. Tentukan tanggung jawab dan buat SLA (A service-level agreement)

Karena model campuran adalah yang paling umum, perlu untuk menentukan tanggung jawab internal dan eksternal untuk menghindari konflik. Penting untuk membuat saluran komunikasi dan SLA dengan indikator kinerja tertentu.

  1. Melatih karyawan

Sangat penting untuk melatih teknisi dan pekerja dalam penggunaan perangkat dan sistem keselamatan. Banyak manajer berinvestasi pada perangkat yang karyawan tidak tahu cara menggunakannya dengan benar, yang berdampak negatif pada manajemen aset dan ROI (Return on Investment).

 

Perusahaan Building Management di Indonesia

Tomps

Tomps merupakan salah satu perusahaan yang diinkubasi dan merupakan produk digital dari PT. Telkom Indonesia. Tomps memiliki produk Building Operation Management System yang dapat membantu perusahaan Anda dalam memelihara gedung. Tomps menyediakan beberapa fitur didalamnya diantaranya:

  • Data Management, membangun data center untuk memudahkan pengelolaan data unit, penagihan pembayaran, penyewa, fasilitas, teknisi, dan layanan.
  • Cashless Payment, efisien dalam pembayaran, pelacakan, penagihan, dan penyelesaian dengan berbagai sumber dana (SoF) seperti Sewa Gedung/IPL, Listrik, Air, Fasilitas, dan Layanan Sesuai Permintaan.
  • Smart Security, Untuk kondisi darurat, akses cepat dan dapatkan respons cepat dari manajemen keamanan. Daftar pusat bantuan publik juga tersedia secara lengkap dan cepat diakses.
  • Smart Information System, menginformasikan informasi terbaru kepada semua penyewa yang efisien dan murah. Penyewa akan menerima info itu secara real-time.
  • Easy Complaint Handling, melaporkan masalah yang ditemukan di sekitar tempat tinggal secara instan. Setiap progres penyelesaian laporan akan diinformasikan kepada penyewa secara real-time dan transparan.
  • New Revenue Generator, menyediakan revenue generator baru bagi operator (BM) dengan skema bisnis yang berkelanjutan melalui digital ads dan digital marketing.
  • Maintenance, penyewa dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan memantau jadwal perawatan di sekitar hunian.
  • Service on Demand, minta dan negosiasikan kebutuhan penyewa insidental dengan BM. Deal dan selesaikan pembayaran


Ardeka Cipta Pratama

Salah satu perusahaan building management di Indonesia adalah PT. Ardeka Cipta Pratama. Perusahaan ini menyediakan pelayanan Building Operation Maintenance & Management (BOMM), dimana ini dilakukan secara berkala oleh tenaga professional pada setiap gedung. BOMM bertujuan agar gedung selalu terpelihara dengan baik dan penghuni gedung merasa nyaman dan aman. Demikian pula pemilik gedung tidak perlu repot mengurus pemeliharan &operasional gedung sehingga bisa fokus menjalankan bisnis utamanya. Untuk itulah PT. Ardeka Cipta Pratama (ACP) hadir memberikan layanan terpadu BOMM yang meliputi pemeriksaan, perapihan, pembersihan, penggantian dan perbaikan sarana maupun prasarana gedung.

Komponen BOMM terdiri atas layanan Engineering, Housekeeping, Gardener/Landscaping, General Cleaning and One Time Cleaning.


Briks

Briks adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang jasa pengelola property dan konstruksi. Briks memiliki produk Building Management yang merupakan jasa pengelolaan serta perawatan gedung dan memiliki produk lain dibawahnya yaitu Pengelolaan Gedung, Auidit MEP dan Operasional Gedung, Technical Assistant, Estate Management/Pengelolaan Kawasan, Parking Management, dan Training Management Property.


Usaha Gedung Mandiri

Usaha Gedung Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha property. Memiliki pelayanan dalam bentuk produk Building Management yang meliputi jasa pengelolaan gedung, pengoperasian, pemeliharaan, dan perbaikan gedung beserta peralatan Mechanical Electrical (ME) gedung antara lain; Genset, AC, key telephone/PABX, fire hydrant, Splinker pompa-pompa dam peralatan utilitas gedung.


Sinergi Properti Pratama

Sinergi Properti Pratama merupakan perusahaan yang memberikan layanan jasa konstruksi, pengelolaan gedung dan pelayanan kesehatan. Perusahaan ini menerapkan kaidah-kaidah standar internasional asset management, dengan mempertimbangkan dan mengoptimalkan berbagai prioritas pemanfaatan dan pemeliharaan aset. Memiliki produk pelayanan yaitu Maintenance & Engineering dan House Keeping. Adapun service terkait Operation dan Maintenance yang kami berikan diantaranya :

  • Pengoperasian dan Perawatan Pembangkit
  • Pengoperasian dan Perawatan Compressor/Vacuum
  • Pengoperasian dan Perawatan Lift/Escalator
  • Pengoperasian dan Perawatan HVAC
  • Pengoperasian dan Perawatan BAS
  • Pengoperasian dan Perawatan Fire Alaram System
  • Pengoperasian dan Perawatan Water Treatment
  • Pengoperasian dan Perawatan STP/WWTP/WTP


Perusahaan Building Management di Indonesia memiliki potensi besar seiring dengan meningkatnya pembangunan di Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia. Pembangunan gedung perkantoran pun kini telah meluas ke beberapa kota besar seiring pertumbungan ekonomi dan perkembangan bisnis. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel ini, banyak perusahaan penyedia layanan pengelolaan gedung di Indonesia. Dengan mengedepankan pelayanan, Tomps kini bertransformasi dan berkembang untuk mendukung peningkatan pembangunan gedung dengan menyediakan pelayanan Building Operation Management System. Yang akan membantu Anda dalam mengelola gedung secara efektif dan efisien hanya melalui aplikasi digital all in one berbasis mobile dan web.

Artikel
Operasional Bangunan

Comments (2)

1000 Karakter Tersisa

Rudy Djoa

20 May 2023 - 15:07

bagus dan bermanfaat artikel serta pemaparannya btw ada bbrp pertanyaan saya: 1. brp fee perbulan utk jasa Buiding Management tsb? 2. brp biaya jasa layanan elektronik Tomps per bln/pertahun?

Rendy

14 April 2023 - 15:20

Berapa rata2 kisaran besaran management fee-nya per bulan, atau dihitung berapa persen dari IPL bulanan.

Eksplor lebih banyak

Rekomendasi Untuk Anda

Manajemen Proyek dalam Pendidikan: Mewujudkan Transformasi Pendidikan Melalui Efektivitas dan Inovasi

26 February 2024

Manajemen Proyek dalam Pendidikan: Mewujudkan Transformasi Pendidikan Melalui Efektivitas dan Inovasi

Optimalkan Investasi Properti Anda dengan Jasa Pengelolaan Gedung

23 February 2024

Optimalkan Investasi Properti Anda dengan Jasa Pengelolaan Gedung

 Manajemen Penyimpanan Dokumen: Mengelola Informasi Bisnis dengan Efisien

20 February 2024

Manajemen Penyimpanan Dokumen: Mengelola Informasi Bisnis dengan Efisien

Mengoptimalkan Manajemen Konstruksi: Pengertian, Fungsi, dan Tahapan

7 February 2024

Mengoptimalkan Manajemen Konstruksi: Pengertian, Fungsi, dan Tahapan

Kelola Proyek, Properti, dan Aset Secara Efisien

Tingkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan dengan produk Tomps yang dipercaya oleh pelaku bisnis di berbagai industri di Indonesia.

Mulai Sekarang

Dapatkan Informasi Terbaru Dari Kami

Nama Lengkap
Email

icon-copyright 2024. Tomps.id by Telkom Indonesia | Tomps telah terdaftar pada: icon-copyright

Temukan Kami di

  • icon-fb
  • icon-linked
  • icon-instagram
  • icon-youtube
icon-wa